Hal yang berbahaya untuk kita unggah di media sosial - Trending Information | ALVA™

Hal yang berbahaya untuk kita unggah di media sosial

Hal yang berbahaya untuk kita unggah di media sosial 

Hal-yang-berbahaya-untuk-kita-unggah-di-media-sosial

Semakin meningkatnya penggunaan media sosial, ternyata berbanding lurus dengan tingkat kejahatan yang mengintai.

Kini kecanggihan teknologi membuat setiap orang bisa bergaya di media sosial. layanan media sosial yang tersedia juga semakin bervariasi, mulai dari untuk mengunggah status, foto, video hingga data pribadi,bahkan sekarang kita bisa secara live broadcast di medsos.

Namun, semakin meningkatnya penggunaan media sosial, ternyata berbanding lurus dengan tingkat kejahatan yang mengintai. Maka dari itu anda harus waspada mengunggah atau membagikan sesuatu di media sosial jika tak ingin menjadi korban berikutnya.

Beberapa hal yang sebaiknya tidak kita share di medsos, dan saya kelompokan menjadi 15 hal yang seharusnya tidak kita share di media sosial, di antaranya:

1. Koleksi barang-barang mewah
Meski hanya bermaksud untuk mengabadikan momen, namun sebaiknya anda tidak memposting barang mewah milik anda di medsos sebab secara tidak langsung anda baru saja menjadi buzzer untuk merek tertentu secara gratis.

2. Tiket pesawat
Terdengar sepele, dengan mengunggah foto tiket pesawat mungkin akan memberikan kesan tersendiri di medsos, namun sebaiknya hal itu anda hindari karena cukup berbahaya. Jika barcode tiket pesawat tersebar di medsos maka anda baru saja membuka peluang untuk para pelaku kejahatan mendapatkan data pribadi anda.

3. Keluhan tentang atasan
Point yang ketiga ini penting untuk menjaga agar anda tidak terlibat masalah dengan bos anda.

4. Curhatan tentang pekerjaan
Curhatan tentang pekerjaan memang hal yang wajar, tapi jangan sampai anda posting di medsos, karena itu bisa saja merusak personal branding anda.

5. Foto anda sedang sakit
Sebaiknya anda tidak menyebarkan ke medsos apabila anda sedang sakit.

6. Permasalahan dengan teman-teman anda
Anda bukanlah satu-satunya orang yang menggunakan medsos, sehingga hal-hal yang menyangkut permasalahan dengan teman-teman anda, sebaiknya jangan sampai anda sebarkan secara umum karena itu bisa saja membuat masalah anda semakin besar.

7. Marah kepada orangtua
Selain permasalahan dengan teman-teman anda, permasalahan dengan orangtua pun jangan sampai anda sampaikan di medsos.

8. Mendapatkan Hadiah lotre atau semacamnya
Hampir semua orang ingin memenangkan lotre, tapi apabila anda adalah salah satu yang beruntung memenangkannya maka jangan sampaikan itu kepada khalayak ramai sebab bisa memicu tindak kejahatan.

9. Foto anak
Jika saat ini beberapa orang suka mengunggah foto lucu dan menggemaskan dari anak-anak, maka sebaiknya itu mulai dikurangi atau bahkan jangan dilakukan. Mengunggah foto anak anda di medsos bisa berdampak negative, seperti penculikan anak hingga penggunaan foto oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang digunakan untuk hal yang buruk.

10. Status menyangkut SARA dan HOAX atau informasi yang belum jelas kebenarannya
Boleh saja anda menyampaikan pendapat atau opini di medsos, namun sebaiknya menghindari hal yang menyangkut SARA dan informasi yang belum jelas kebenarannya. Apalagi jika opini anda terkesan menyudutkan kelompok tertentu.

11. Informasi keuangan
Demi menjaga keamanan anda, jangan sampaikan kondisi keuangan di medsos.

12. Berlibur dan meninggalkan rumah
Tidak ada yang salah jika anda memposting foto liburan, tapi sebaiknya foto liburan anda tidak anda unggah langsung atau saat hal itu sedang berlangsung. Sebab, anda tidak pernah tahu niat buruk dari pengguna media sosial lainnya. anda bisa mengunggah foto liburanmu setelah anda kembali ke rumah nanti.

13. Jadwal harian
Meski terkesan sepele, tapi jadwal harian anda sangat berharga dan lebih baik tidak diketahui orang banyak.  Jika orang lain mengetahui jadwal harian anda maka mereka bisa dengan mudah menghafal pola gaya hidup anda dan itu cukup berbahaya jika diketahui pencuri.

14. Tindakan yang salah
Mengunakan media sosial memang menyenangkan namun kamu pun harus membatasi diri dalam menggunakannya seperti tidak memposting hal-hal yang keliru karena sekali lagi itu akan mempengaruhi personal branding anda.

15. Daftar anggota keluarga
Hal personal seperti daftar anggota keluarga sebaiknya tidak disampaikan di medsos.

Poin-poin di atas bisa menjadi patokan bagi anda, jangan sampai postingan anda di media sosial malah membahayakan hidup anda.

Posting Komentar

0 Komentar

 

 

Delibra-Topi-Pria-Polo-Baseball-Sirius-Caps