Pengertian Memory Paging di Komputer - Trending Information | ALVA™

Pengertian Memory Paging di Komputer

Sekilas tentang Memory paging, apa yang dimaksud Memory paging itu?, Apakah anda pernah dengar kata Memory paging tidak?, Apa terdengar asing?, terus ada hubungannya dengan apa?, *Ach, sudahlah,.. mari kita simak artikel berikut tentang apa yang dimaksud Memory paging. 

your-computer-is-low-on-memory

Memory paging adalah manajemen memory yang dilakukan oleh komputer untuk menyimpan dan memanggil data dari harddisk ketika kapasitas RAM komputer sudah penuh. Data-data ini nantinya disimpan di suatu tempat di dalam hardisk yang bernama page file. Page file atau yang biasa disebut dengan Virtual Memory, *Nah lo,.. kalo Virtual Memory pasti pernah dengar dong,.. 

Jadi jika kapasitas RAM komputer sudah penuh, Windows akan mengirimkan beberapa data ke dalam page file. Seolah - olah harddisk tersebut berperan sebagai tambahan RAM pada RAM fisik komputer. 

Bagi komputer yang mempunyai kapasitas RAM yang besar, tentu tidak menjadi masalah. Namun bagaimana dengan komputer yang RAM-nya kecil?,.. *huuhuu,.. huuuhuu,.. 😂 😂

Tentu hal ini sangat merepotkan. Bayangkan jika anda tengah dihadapkan pada pekerjaan yang membutuhkan akses cepat, sedangkan komputer berjalan dengan lambat, *Hadeuuh,.. Pasti bikin emosi sekali,.. Sabar ya mas, nanti kalo datang ke warnet saya jangan marah – marah lagi yah, Kasian kan yang jaganya,.. 😁 😁

Lanjut,.. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda juga bisa mengaturnya. yaitu dengan cara mengatur seberapa besar memory yang akan anda ambil untuk kapasitas Page file. Terus bagaimanakah caranya? Berikut langkah - langkahnya :
  • Buka My Computer
  • klik kanan 
  • properties
  • Advance System Setting
  • Akan muncul jendela system properties, 
  • Tab Advance, di bagian performance, klik setting
  • Akan muncul jendela performance options, pilih tab Advance, pada Virtual Memory, lalu klik change
  • Pada Virtual memory, pilih partisi yang hendak anda terapkan untuk memory paging, pilih custome size, terdapat dua text box yang harus anda isi. Isilah dengan initial size dengan nilai dua kali lipat kapasitas RAM yang anda miliki. Dan isilah maximum size dengan nilai dua kali lipat dari nilai initial size. lanjut klik Set
  • Lalu OK. 
  • Jika komputer anda meminta restart, maka restart saja lah.
Contoh mengenai Memory Paging :
Contoh mengenai Memory Paging yang sering kita alami, biasanya dikala anda membuka dua aplikasi secara bersamaan sebagai contoh browser mozila dan microsoft excel.
ketika anda me-minimize browser mozila dan mengerjakan tugas yang ada pada ms.excel dalam jangka waktu yang lama dan suatu ketika anda ingin me-Maximize kembali browser mozila.
pada suatu kasus browser mozila tersebut sangat lambat di buka kembali. hal itu di sebabkan karena komputer anda membutuhkan membaca kembali data yang tersimpan pada Page File di hardisk bukan dari RAM. Mengapa demikian ?, kenapa, eh kenapa,.. karena dalam kasus tersebut RAM pada komputer anda lebih memprioritaskan aplikasi Ms. Excel ketimbang Browser yang sedang anda minimize.

Seperti itulah gambaran yang saya berikan tentang apa yang dimaksud dengan Memory paging atau yang biasa disebut Virtual Memory, Terima kasih kiranya buat anda yang sudi mampir, saya harap semoga info kali ini dapat menambah pengetahuan kita sekitar ilmu bidang komputer dan juga teknologi informasi yang sudah menjadi kebutuhan kita sehari – hari, 
Tetap up to date dan jangan berhenti belajar, Jangan bosan untuk simak artikel berikutnya, Terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar