Cara Memperbaiki Kartu SIM Error Di Android
Kesalahan No kartu SIM biasanya terjadi ketika kartu SIM Anda tidak dimasukkan dengan benar. Ini adalah alasan paling umum untuk kesalahan tetapi itu bukan satu-satunya alasan mengapa ponsel Anda dapat menunjukkan kesalahan ini. Tidak ada kartu SIM yang dapat berarti masalah dengan perangkat lunak perangkat Anda juga. Ada kemungkinan kartu SIM dimasukkan dengan benar tetapi perangkat Anda tidak membacanya karena kerusakan perangkat lunak. Mungkin juga mengarah pada ketidakmampuan perangkat Anda untuk memeriksa jaringan.
Meskipun kami dapat terus mengeksplorasi lebih banyak alasan untuk masalah ini, mari kita lihat bagaimana kami dapat menyelesaikan masalah ini sehingga Anda dapat menggunakan telepon Anda seperti biasa. Telepon yang menunjukkan kesalahan ini menunjukkan bahwa Anda tidak memiliki konektivitas sepenuhnya di ponsel Anda. Dengan kata lain, tidak ada panggilan telepon, tidak ada data seluler, dan tidak ada pesan. Ponsel cerdas mungkin tidak lagi pintar dengan kesalahan kartu SIM terpasang.
Cara untuk mengatasi kesalahan kartu SIM di Android
Solusi 1: Nyalakan kembali perangkat Anda
Mari kita mulai dengan cara tercepat dan termudah untuk menyelesaikan masalah. Ketika ponsel Anda restart, itu menyegarkan sebagian besar perangkat lunak yang pada gilirannya memastikan bahwa kesalahan kecil dapat diselesaikan olehnya. Jadi restart perangkat Anda dan biarkan terhubung ke jaringan sekali lagi dan periksa apakah perangkat Android Anda membaca SIM. Jika masalah Anda terpecahkan, maka Anda mungkin tidak perlu khawatir tentang solusi berikutnya kecuali memulai ulang perangkat sebagai perbaikan sementara dan Anda sering mengalami masalah pada perangkat Anda.
Solusi 2: Periksa Tray SIM
Matikan dulu perangkat Anda lalu lepaskan kartu SIM dari perangkat Android Anda. Ada kemungkinan debu menumpuk di ponsel Anda dan menimbulkan masalah ketika SIM bersentuhan dengan sirkuit internal perangkat Anda. Tiup debu dari Tray SIM dan bersihkan SIM Anda dengan lembut tanpa merusak bagian-bagiannya. Kembalikan SIM ke Tray dan nyalakan perangkat Anda. Periksa apakah itu berfungsi sekarang.
Jika masih terdapat masalah, coba Anda ganti gunakan kartu SIM lain di perangkat Anda jika Anda memiliki ponsel cerdas Android yang tidak terkunci. Dengan melakukan hal itu, Anda akan dapat mengonfirmasi apakah SIM yang salah atau apakah perangkat Anda perlu pemecahan masalah lebih lanjut. Jika setelah ganti kartu SIM lain dan berfungsi dengan baik pada perangkat Anda berarti SIM Andalah yang bermasalah. Perangkat Anda sepenuhnya mampu membaca kartu SIM akantetapi kartu SIM yang rusak dapat menyebabkan masalah.
Dalam hal ini, Anda harus membawa kartu SIM ke operator Anda.
Solusi 3: Tempatkan SIM dengan aman di atas Tray
Ketika kartu SIM tidak ditempatkan dengan aman, kartu itu mungkin berakhir menyebabkan kesalahan ini. Ini terjadi karena setiap kali ponsel Anda mencoba terhubung ke jaringan, kartu SIM kehilangan koneksinya dengan perangkat lain dan menyebabkan kesalahan. Untuk memperbaikinya, Anda harus memberikan semacam tekanan pada slot kartu agar SIM dapat tetap terpasang.
Beberapa pengguna merasa mudah menggunakan selotip untuk memperbaiki kartu SIM ke posisinya. Yang lain telah menggunakan selembar kertas untuk memberikan tekanan pada kartu SIM sehingga tidak bergerak dari posisinya.
Solusi 4: Beralih ke Mode Pesawat
Setelah Anda tahu bahwa kartu SIM bukan masalahnya, cobalah beralih mode Pesawat pada perangkat Anda. Banyak pembaca telah menemukan keberhasilan dalam menyelesaikan kesalahan SIM dengan mengaktifkan mode Pesawat.
Tarik ke bawah panel notifikasi pada perangkat Anda
Cari mode Airplane (Flight mode) dengan menggulir ke kiri atau kanan melalui ikon.
Ketuk pada mode Pesawat untuk mengaktifkannya
Ketuk Aktifkan pesan peringatan yang Anda lihat di layar.
Tunggu selama 30 detik dan ketuk pada mode Pesawat lagi untuk mematikannya
Setelah mode Pesawat mati, perangkat Anda akan sekali lagi mencoba mencari jaringan. Jika mampu mencari jaringan maka masalah Anda terpecahkan.
Solusi 5: Atur Mode Jaringan ke Otomatis
Kadang-kadang, mode jaringan Anda mungkin telah keliru diatur ke jenis yang salah yang dapat membuat masalah bagi pengguna. Ketika Anda memilih jenis jaringan yang salah, perangkat Anda mungkin tidak dapat memilih jaringan yang benar dan Anda mungkin akhirnya melihat kesalahan SIM pada perangkat Anda. Untuk mengatasinya ikuti langkah-langkah ini:
Buka menu Pengaturan perangkat Android Anda
Cari lebih banyak jaringan yang akan berada di bawah bagian Koneksi. Ketuk itu.
Selanjutnya, ketuk Jaringan Seluler
Ketuk pada mode Jaringan
Anda akan mendapatkan menu pop-up dengan berbagai opsi yang dapat Anda pilih. Pastikan Anda memilih opsi pertama yang mengatakan LTE / WCDMA / GSM (koneksi otomatis).
Memilih ini akan memastikan bahwa perangkat Anda dapat terhubung secara otomatis ke jaringan yang tersedia. Jika opsi yang salah dipilih, itu mungkin menyebabkan kesalahan yang mengakibatkan Tidak ada kesalahan SIM pada perangkat Anda.
Solusi 6: Pilih Operator jaringan yang tepat
Jika operator jaringan yang dipilih pada perangkat Anda tidak sama dengan operator yang Anda gunakan untuk perangkat Anda, Anda mungkin akhirnya melihat kesalahan ini. Untuk mengatasinya, ikuti langkah-langkah ini:
Buka menu Pengaturan perangkat Anda
Ketuk pada Lebih Banyak Jaringan dan kemudian pergi ke Jaringan Seluler
Di sini, Anda harus mengetuk Network Operator
Ketuk opsi yang bertuliskan Search Networks
Perangkat Anda akan mulai mencari jaringan yang tersedia. Setelah pencarian selesai, Anda akan melihat daftar operator jaringan di layar. Pastikan Anda memilih operator yang saat ini Anda gunakan. Ini akan memastikan bahwa perangkat Anda dapat terhubung dengan benar sehingga tidak berakhir dengan kesalahan SIM.
Anda dapat menggunakan metode ini untuk mengetahui ada atau tidak adanya kesalahan pada SIM di semua perangkat Android termasuk LG, HTC, dan Samsung dll.
Solusi 7: Atur ulang perangkat Anda ke pengaturan pabrik
Ketika tidak ada lagi yang berfungsi, mengatur ulang perangkat Anda ke pengaturan pabrik dapat membantu menyelesaikan sebagian besar masalah pada perangkat Anda yang muncul dari perangkat lunak yang bermasalah. Setelah perangkat Anda diatur ulang ke pengaturan pabrik, Anda akan kehilangan semua bentuk data dan itu juga akan menghapus semua aplikasi pihak ketiga di perangkat Anda. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu membuat cadangan semua data pada perangkat Anda sebelum melanjutkan dengan mengatur ulang perangkat Anda ke pengaturan pabrik.
Buka menu Pengaturan perangkat Anda
Cari Cadangan dan Pulihkan, lalu ketuk
Ingatlah untuk mengetuk Cadangan untuk memastikan bahwa Anda memiliki semua pengaturan aplikasi yang didukung sebelum Anda mengatur ulang perangkat Anda. Selain itu, pastikan Pemulihan otomatis dicentang sehingga Anda dapat secara otomatis mengembalikan semua pengaturan setelah perangkat Anda diatur ulang ke pengaturan pabrik.
Selanjutnya, ketuk Atur ulang telepon.
Setelah Anda mengatur ulang perangkat Anda, itu akan secara otomatis me-reboot ponsel Anda. Setelah reboot selesai, periksa apakah perangkat Anda berfungsi sekarang dan apakah kesalahan telah diperbaiki.
Apa yang harus saya lakukan jika ponsel saya basah dan sekarang tidak ada kesalahan pada kartu SIM?
Jika Anda menjatuhkan perangkat Anda ke dalam air dan sekarang tidak menunjukkan kesalahan kartu SIM, ada kemungkinan salah satu sirkuit rusak karena air. Yang terbaik adalah membiarkan ponsel Anda benar-benar kering sebelum Anda menggunakannya. Lepaskan penutup belakang perangkat Anda, asalkan dapat dilepas, keluarkan baterai dan SIM dan masukkan bagian-bagian tersebut ke dalam kantung atau mangkuk nasi.
Biarkan mengering dalam kantong beras selama 24 jam sebelum Anda mengumpulkan semua bagian perangkat Anda sekali lagi dan periksa apakah masalahnya telah diperbaiki. Jika masalah berlanjut maka Anda harus membawanya ke profesional untuk memeriksa kerusakan fisik.
Apa yang harus saya lakukan jika telepon saya menampilkan kesalahan ini setelah pembaruan?
Pembaruan perangkat lunak selalu dimaksudkan untuk memastikan bahwa perangkat Anda berfungsi lebih baik dan menggunakan teknologi paling canggih yang tersedia untuk perangkat keras. Inilah sebabnya mengapa selalu disarankan untuk selalu memperbarui telepon Anda. Namun, jika pembaruan berakhir menyebabkan masalah, ada kemungkinan bahwa data lama dapat menyebabkan masalah.
Mulai ulang perangkat Anda untuk memeriksa apakah masalahnya hilang.
Masukkan kembali kartu SIM Anda setelah menyeka kartu SIM dan baki SIM untuk memastikan tidak ada partikel debu di dalamnya. Selain itu, pastikan SIM tidak bergerak di baki.
Setel ulang perangkat Anda ke pengaturan pabrik setelah mencadangkan data dan periksa apakah masalahnya hilang.
Jika masalah berlanjut maka bawa perangkat Anda ke bengkel, atau jika masih dalam garansi, kunjungi toko tempat Anda membelinya, atau operator Seluler Anda.
0 Komentar