Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak di Android tanpa Komputer - Trending Information | ALVA™

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak di Android tanpa Komputer

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak di Android tanpa Komputer 

Anda mungkin pernah mengalami kesalahan “Kartu SD Tidak Terbaca”, “Corrupted atau Error” saat hendak mengoperasikan pengelola file Anda, atau saat ketika Anda mengganti kartu SD di antara perangkat yang berbeda. Berikut cara memperbaiki kesalahan kartu SD yang rusak atau tidak berfungsi ini, tanpa komputer.

Cara-Memperbaiki-Kartu-SD-yang-Rusak-di-Android-tanpa-Komputer

Silahkan Anda Coba Cara Sederhana ini:
  • Lepaskan kartu SD dari ponsel, Pertama, matikan ponsel dan keluarkan kartu SD. Jika Anda tidak tahu tentang cara menghapusnya, silakan merujuk ke instruksi / buku petunjuk produk.
  • Bersihkan kartu SD, Gunakan penghapus karet untuk membersihkan kontak kartu SD sampai bersih. Lalu, coba masukkan kartu SD ke ponsel kembali.

Memastikan Kartu SD Anda Rusak

Meskipun ada banyak sekali kesalahan kartu SD yang dapat terjadi karena banyak alasan teknis, sebaiknya pastikan Anda membaca artikel yang tepat untuk solusi yang tepat. Semua cara yang disebutkan di sini hanya berguna jika kartu "rusak", dan mungkin tidak berfungsi untuk kasus lain. Berikut beberapa tanda kartu SD Anda rusak:
  • File di kartu SD tidak dapat dibaca.
  • Perangkat Anda tidak mengenali kartu SD Anda.
  • Beberapa atau semua file atau foto hilang.
  • Perangkat Anda memunculkan kesalahan saat "membaca atau menulis" kartu SD.
  • Pesan kesalahan seperti "periksa kartu SD Anda sebelum memasukkannya".
  • Kecepatan baca atau tulis menjadi sangat lambat atau tidak dapat digunakan.

Semua ini adalah tanda-tanda bahwa Anda memiliki kartu SD yang rusak. Jika Anda pernah menemukan salah satunya, Anda harus melanjutkan membaca. Berikut cara memperbaiki kartu SD Rusak.

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak

Masukkan Kartu SD yang Rusak ke Perangkat Lain
Metode pertama untuk memperbaiki kartu SD yang rusak adalah yang agak sederhana. Ini adalah bagian dari metodologi hit and trial dan dapat menyelesaikan masalah yang disebabkan oleh kerusakan perangkat atau kesalahan sistem file. Yang harus Anda lakukan adalah mengeluarkan kartu SD Anda dan memasukkannya ke perangkat lain. Perangkat ini bisa berupa kamera, handphone, laptop, atau apapun juga. Jika berfungsi di perangkat lain, itu berarti kartu SD mungkin tidak kompatibel dengan ponsel Anda.

Anda harus mencadangkan file di PC atau laptop (jika memungkinkan) sebelum melanjutkan lebih jauh. Setelah mencadangkan, coba masukkan kembali kartu SD ke ponsel Anda setelah memulai ulang perangkat. Ini seharusnya memperbaiki kartu SD yang rusak dalam banyak kasus tetapi jika tidak, coba beberapa langkah lain.


Format Kartu SD yang Rusak
Jika metode 1 tidak menyelesaikan masalah Anda, coba ini. Anda dapat memformat kartu SD jika ponsel Anda dapat membacanya, dan ini dikenal untuk memperbaiki sebagian besar masalah. Perhatikan bahwa memformat kartu SD berarti SEMUA DATA HILANG. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah memiliki cadangan file yang ada di kartu, jika tidak cadangkan di perangkat lain.

Cara Format Kartu SD di Ponsel Android
Berikut adalah panduan tentang bagaimana Anda dapat memformat kartu SD Anda:
  • Di perangkat Android Anda, buka pengaturan.
  • Temukan tab Penyimpanan / Memori dan temukan kartu SD Anda di atasnya
  • Anda harus dapat melihat opsi format kartu SD. Jika tidak, ketuk 3 titik di kanan atas dan Anda akan dapat melihat opsi.
  • Ketuk pada opsi Format kartu SD.
  • Anda akan mendapatkan kotak dialog konfirmasi, klik pada opsi "Oke / Hapus dan Format".
  • Setelah kartu SD Anda diformat, Anda dapat membuka File Manager atau Galeri untuk melihat apakah kartu SD berfungsi dengan baik.

Gunakan solusi Perbaikan Kartu SD
Google Play Store berisi banyak aplikasi, begitu pula internet untuk PC, yang memungkinkan perbaikan kartu SD. Anda dapat mencari opsi tepercaya untuk mencoba dan memperbaiki kartu SD Anda jika tidak ada yang berhasil. Anda juga dapat menggunakan baris perintah Windows dengan meminjam PC teman selama beberapa menit karena menggunakan PC adalah cara paling populer untuk memperbaiki kartu SD.


Tag: cara memperbaiki kartu sd rusak tanpa format, cara mengatasi kartu sd rusak, cara memperbaiki kartu sd yang tidak terbaca, cara memperbaiki sd card yang corrupt, penyebab kartu sd rusak, cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca di hp dan pc, cara format sd card yang tidak bisa diformat, kenapa sd card error, trik android, tips and tricks smartphone, selular, tech tips mobile, mobile tricks free, trik android 2020, tips dan trik, android tips and tricks website, smartphone error, why is my phone acting up 2020, android phone problems and solutions, my phone is not working, mobile problem solution online, android phone problems and solutions pdf, mobile phone problems and solutions pdf, common mobile phone problems, android mobile display problem,   

Posting Komentar

0 Komentar