ASAL USUL SUMBER SAMBUNGAN INTERNET ATAU KONEKSI INTERNET DI INDONESIA - Trending Information | ALVA™

ASAL USUL SUMBER SAMBUNGAN INTERNET ATAU KONEKSI INTERNET DI INDONESIA

ASAL USUL SUMBER SAMBUNGAN INTERNET ATAU KONEKSI INTERNET DI INDONESIA

ASAL USUL SUMBER SAMBUNGAN INTERNET ATAU KONEKSI INTERNET DI INDONESIA
Secara global sumber internet Indonesia adalah berasal dari luar negeri. 
Namun kini negara kita sudah memiliki jaringan internet lokal sendiri yaitu IIX (Indonesian Internet Echange) dan OpenIXP (Open Internet Exchange Point). 

Masing - masing semua sumber jaringan terdiri dari ISP atau yang biasa kita sebut Internet Service Provider yang saling bekerja sama untuk bertukar traffic data internet tanpa harus melakukan koneksi ke luar negeri khusus untuk data yang disimpan pada server yang ada pada anggota jaringannya. 

Jika pada suatu data internet tidak disimpan atau dihosting dalam jaringan lokal, maka kita harus mengambilnya di jaringan internasional.

Dari sisi konsumen atau sisi sang pemakai akhir merupakan hanya sebagai pengguna akses internet yang didapatkan dari ISP saja, ISP adalah pihak yang melakukan distribusi internet di Indonesia. 

ISP bisa mendapatkan koneksi internet dari ISP lainnya yang ada di dalam negeri maupun luar negeri dengan cara membelinya dari pihak asing. 

Kita sebagai pemakai akses internet bisa mendapatkannya melalui jaringan kabel maupun jaringan nirkabel, selama jaringan tersebut masih berada di wilayah dimana kita berada.

Langganan Internet Kabel

Akses internet kabel ini seperti namanya tersebut jelas memanfaatkan sebuah jaringan kabel yang saling terhubung satu sama lain. 
Namun bisa juga dengan menggunakan sambungan wireless dengan teknologi tertentu akibat keterbatasan sarana dan prasarana penunjang jaringan. 

Biasanya sambungan internet kabel lebih stabil, lebih murah dan lebih cepat kecepatan internetnya dibandingkan dengan sambungan yang tidak menggunakan kabel. 

Namun kekurangan sambungan internet kabel adalah kita harus memasang kabel yang ditarik dari luar rumah guna untuk disambungkan dengan modem yang diletakkan di dalam rumah kita.

Langganan Langganan Nirkabel (Tanpa Kabel)

Akses internet ini lebih mudah dan lebih praktis dalam pemasangannya,  Tidak ada kabel yang diperlukan dan dimasukkan ke dalam rumah kita,  Tidak perlu ada modem yang diletakkan di dalam rumah jika menggunakan handphone atau smartphone yang memiliki fasilitas modem internet. 

Hanya dengan melakukan pendaftaran internet dari operator penyedia sambungan internet, maka internet pun sudah bisa kita akses, Operator internet non operator telepon ini biasanya membutuhkan sebuah modem yang biasa diletakkan di dalam rumah kita dan mungkin bisa juga mengharuskan kita memasang antena guna menangkap sinyal internet lewat luar ruangan atau udara. 

Pada Handphone atau juga Smartphone tertentu seperti yang kita ketahui ada yang bisa menyebarkan internet ke perangkat lain dengan fitur wi-fi tathering jika telah terhubung dengan internet dari operator sehingga tidak lagi membutuhkan router lagi.

Wireless

Akses internet hotspot yang biasa kita temui di tempat-tempat umum biasanya dapat diakses secara gratis tanpa harus berlangganan terlebih dahulu,  Cukup menanyakan nama jaringannya dan password (kata sandi) jaringan internetnya dari petugas atau operator yang berwenang di tempat umum tersebut, maka kita pun bisa menikmati akses internet secara gratis atau cuma-Cuma, Akan tetapi hotspot tersebut merupakan hanya sebagai  distribusi dari pihak lain yang berlangganan internet baik lewat kabel maupun tanpa kabel, Dan akses gratis hanya berlaku pada sisi kita saja, sedangkan pada sisi pengelola hotspot merupakan fasilitas berbayar atau membutuhkan biaya.

Posting Komentar

0 Komentar