Keamanan komputer - Trending Information | ALVA™

Keamanan komputer

Masih sama seperti artikel sebelumnya saya mencoba tetap konsisten mengupas tentang dunia komputer, mulai dari Tips dan Trick Komputer juga permasalahan sekitar komputer, yang saya sendiri masih belajar dan masih mendalami, mohon maaf sebelumnya jika ada kekurangan.
Artikel berikut tentang cara amankan komputer dari virus internet yang mungkin pernah kita dapati saat browsing atau menerima email.
Kemanan komputer, apa yang terlintas saat anda mendengar kata tersebut?, Virus,.. pastinya itu yang terpikir dalam benak kita.
Bicara tentang keamanan komputer maka kita akan terpikir bagaimana mencegah virus masuk ke komputer.

Keamanan-komputer

Kali ini yang saya akan bahas hanya urusan keamanan komputer dari virus internet saja dan bukan untuk urusan keamanan komputer dari maling, hikz  :D

Berikut tips cara amankan Komputer dari virus internet :
1. Gunakan AntiVirus
Ini adalah hal pertama yang paling penting dan wajib ada pada komputer anda, gunakanlah anti virus baik yang berbayar ataupun gratis, guna mencegah berbagai macam virus masuk ke komputer, jangan lupa juga untuk update secara rutin anti virus anda, karena anti virus tidak bisa melindungi secara maksimal jika sudah kadaluarsa.

2. Hati-hati saat browsing
Browsinglah secara smart dan sehat, karena biasanya si virus internet ini menyebar seperti pada situs konten dewasa maupun warez (software bajakan, mp3 ilegal dsb). jika anda sudah terlanjur kecanduan dengan situs semacam itu, :D  jika anda mendapati peringatan dari browser anda, alangkah lebih baik acuhkan peringatan tersebut. Atau saat berkunjung ke website mendapati kotak dialog muncul yang isinya meminta anda untuk menginstall aplikasi ini atau itu, ah,.. sudahlah acuhkan saja..
Dan biasanya situs tersebut dan semacamnya itu dengan menggunakan kata-kata isinya seperti “Ada cewek cantik mengajak anda chat” atau Kata-kata “Selamat anda mendapatkan hadiah Anu”. :D

3. Update rutin
Cobalah selalu update, bisa kita mulai dari Operating Systemnya, juga software yang sudah terinstall ataupun driver. Tidak ada gading yang tak retak, perangkat lunak atau software pun sama tidak ada yang sempurna dan pasti ada sebuah celah virus menyusup perisai keamanan komputer kita, Karena virus internet juga selalu up to date.

4. Scan file selesai download
Apapun jenis file yang anda download meski itu berasal dari website yang terpercaya sekalipun, ada baiknya di SCAN terlebih dahulu menggunakan anti virus yang kita punya, Karena mencegah itu lebih baik.

5. Waspadai email yang kita terima
Virus internet bisa menyusup pada email kita. Terlebih jika menerima email yang berisi seperti file EXE, VBS atau BAT, jadi lebih berhati-hati menerima file kiriman tersebut jangan sampai menjadi korban oleh tangan-tangan tidak bertanggung jawab.
Terus up to date mengikuti perkembangan teknologi yang dimana kian hari kian melesat guna mengetahui berita terbaru tentang komputer dan teknologi yang sudah menjadi sebuah kebutuhan dalam aktifitas sehari-hari, jangan lupa mampir terus juga simak dan tunggu artikel saya selanjutnya, siapa tahu ada jodoh, :D

Terima kasih tetap waras dan sayangi keluarga, Wassalam.

Posting Komentar

0 Komentar