Cara Mendinginkan Prosesor (Processor) - Trending Information | ALVA™

Cara Mendinginkan Prosesor (Processor)

Tips Cara Mendinginkan Prosesor (Processor)

Sama halnya dengan manusia, Laptop atau komputer milik kita juga memiliki otak, dan ketika otak tersebut dipaksa kerja terus menerus pasti akan panas juga. Otak di ajak menghitung, menghafal, di paksa melupakan, mengingat, menyimpan, memproses informasi dapat semakin membuat otak semakin panas.
Otak pada komputer atau laptop terletak di prosesornya. Jika prosesor tidak kita jaga dari panas berlebih sangat membahayakan karena dapat merusak perangkat prosesor itu sendiri sehingga pekerjaan kita terhambat. Komputer dapat secara tiba-tiba restart atau bahkan pula hang secara mendadak.

Berikut tips ringan cara mendinginkan prosesor yang kepanasan


1. Gunakanlah thermal paste yang berkualitas
Cara-Mendinginkan-Prosesor

Thermal paste adalah sebagai media penyalur panas yang berlebih dari badan prosesor ke badan heatsink pendingin prosesor sehingga dapat meningkatkan efektifitas penurunan suhu prosesor dan berfungsi juga untuk mencegah terjadinya percikan api dan panas yang berlebih (overload) sebagai efek dari gesekan badan prosesor dan heatsink secara langsung. Thermal paste yang kurang berkualitas tidak akan memiliki kinerja dan fungsi dengan maksimal.

2. Posisi casing di tempat yang pas
Cara-Mendinginkan-Prosesor

Tempat posisi casing di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik, jangan menempatkan casing anda di tempat yang tertutup karena sirkulasi udara tidak lancer untuk membuang panas dari dalam casing sehingga panas menumpuk salah satunya di badan prosesor.

3. Tata kerapian kabel dalam casing
Cara-Mendinginkan-Prosesor

Tatalah kerapian kabel yang ada dalam casing komputer jangan sampai kabel-kabel tersebut semrawut atau bahkan mengenai baling-baling fan prosesor. Cek dan periksalah dengan baik. Tempatkan kabel-kabel tersebut dengan serapi mungkin.

4. Buka penutup casingnya
Cara-Mendinginkan-Prosesor

Buka saja penutup casingnya, atau lepas saja penutup casing komputer Anda. Dengan begitu panas akan mudah dibuang dari dalam casing.

5. Beri tambahan fan pembuang udara
Cara-Mendinginkan-Prosesor

Beli tambahan fan yang menyedot udara panas dari dalam casing untuk keluar. Fan ini murah, di beberapa toko online atau toko di sekitar kita biasa dijual antara 20-30 ribu. Letakkan posisi fan secara berbalik arah, guna menyedot udara keluar.

Sekian Tips tentang Cara Mendinginkan Prosesor (Processor) ini, Selamat mencoba, semoga bisa di fahami tutorial di atas dan tidak ada kendala saat mencobanya. Tetap simak dan tunggu Tips terbaru berikutnya.

Posting Komentar

0 Komentar